Butuh Bantuan? Customer Service Kembar Batik siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Tips Mencuci Batik Agar Tidak Luntur

Tips Mencuci Batik Agar Tidak Luntur

Ditulis pada: 26 February 2019 | Kategori: Uncategorized

Tips Mencuci Batik Agar Tidak Luntur

Batik adalah busana yang memiliki keunikan tersendiri dari mulai keunikan sejarah, motif, atau dari cara pembuatannya. Hal tersebut menjadikan batik memiliki tempat yang istimewa. Baju batik adalah pakaian yang kainnya dibuat secara manual dengan teknologi yang berusia sangat tua, oleh sebab itu diperlukan perawatan yang khusus untuk batik. berikut adalah Tips Mencuci Batik Agar Tidak Luntur.

1. Jika batik tidak terlalu kotor, maka anda bisa mencucinya dengan hanya direndam menggunakan air hangat.  Namun jika baju batik tersebut kotor, misal akibat kena noda makanan atau minyak, bisa dihilangkan dengan sabun mandi atau kulit jeruk. Caranya, usapkan sabun mandi atau kulit jeruk pada bagian yang kotor tersebut secara perlahan-lahan hingga hilang. Usahakan hanya membersihkan bagian yang kotor saja. Setelah bersih, rendam baju batik dengan air hangat.

2. Saat mencuci baju batik, sebaiknya jangan menggunakan sabun deterjen, karena sifatnya yang terlalu keras sehingga dapat mengikis warna pada kain batik. Shampo rambut bisa digunakan untuk mencuci kain batik atau gunakan produk khusus yang banyak dijual di toko maupun galleri batik seperti klerak. Selain itu, hindari penggunaan mesin pengering karena bahan batik bisa rusak.

3. Hindari Matahari Langsung Saat Menjemur, Setelah dicuci, jangan memeras baju batik terlalu kuat, cukup kibaskan dan gantung sebentar. Jemur di tempat teduh dan cukup angin. Hindari paparan sinar matahari langsung supaya tekstur dan warna batik nggak berubah.
   
4. Lapisi dengan Kain Tipis Saat Menyetrika, Baju batik nggak seperti baju lainnya yang bisa dengan mudah disetrika, Karena sensitif terhadap panas, sebaiknya baju batik disetrika dengan cara dilapisi terlebih dahulu dengan kain lainnya misalnya katun. Bisa juga menggunakan setrika uap. Dengan begitu, batik kita jadi lebih terawat.

5. Simpanlah baju batik di lemari, bisa digantung atau dilipat. Namun idealnya adalah digantung. Hindari pemakaian kapur barus secara langsung ke baju batik. Solusi agar lemari bebas rayap, bisa menggunakan merica atau lada yang dibungkus tissue dan diletakkan di pojok-pojok lemari.

Tips Mencuci Batik Agar Tidak Luntur

Demikian Tips Mencuci Batik Agar Tidak Luntur dari www.kembarbatik.com. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat.

Untuk pemesanan produk batik kami, silakan:
SMS/WA 0858-7777-8799
PIN BB d8c3fa44
Dibuka kesempatan menjadi RESELLER dengan harga SUPER MURAH

Tips Mencuci Batik Agar Tidak Luntur | Kembar Batik | dress batik bayi, kemeja batik bayi, piyama batik bayi balita, daster batik, mukena batik,dress batik bayi murah, kemeja batik bayi murah, piyama batik bayi balita, daster batik murah, mukena batik murah

Tags: Tips Mencuci Batik Agar Tidak Luntur

Komentar dinonaktifkan: Tips Mencuci Batik Agar Tidak Luntur

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Rute Menuju Desa Wisata Batik Jogja

thumbnail Ditulis pada: 25 May 2019

Rute Menuju Desa Wisata Batik Jogja Batik tulis merupakan busana resmi Kerajaan Mataram sejak pertama berdiri. Di Yogyakarta sendiri ada suatu kampung yang menjadi referensi untuk mendapatkan batik tulis khas keraton, yaitu Desa Giriloyo. Desa Giriloyo berada di kawasan Makam... Baca selengkapnya »

Jenis Kain Batik Indonesia yang Diminati Dunia

thumbnail Ditulis pada: 11 May 2019

Jenis Kain Batik Indonesia yang Diminati Dunia Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia telah di tetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan Bentuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak tanggal 2 Oktober... Baca selengkapnya »

Ekspor Batik Tulis Khas Jogja

thumbnail Ditulis pada: 8 May 2019

Ekspor Batik Tulis Khas Jogja Batik tulis produksi para perajin khasDaerah Istimewa Yogyakarta, mampu menembus pasar mancanegara. Beberapa negara yang menjadi pasar batik tulis karya pembatik khas Jogja itu di antaranya Singapura, Filipina, Malaysia, dan Thailand, baik itu dikirim langsung... Baca selengkapnya »

Ekspor Batik Cap Khas Solo

thumbnail Ditulis pada: 4 May 2019

Ekspor Batik Cap Khas Solo Amerika Serikat dan Kanada masih menjadi negara tujuan ekspor terbesar batik cap khas Solo.Batik cap tetap merupakan batik karena menggunakan teknik membatik, yakni menggunakan malam dan sistem pelorotan.  Namun, pasar ekspor batik diyakini masih besar... Baca selengkapnya »

Ekspor Batik Warna Alam Khas Klaten

thumbnail Ditulis pada: 1 May 2019

Ekspor Batik Warna Alam Khas Klaten Kering dan tandus, itulah kesan pertama memijakkan kaki di Desa Jarum, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten.Tanah retak-retak menghiasi di setiap perjalanan menuju desa tersebut. Debu yang berterbangan, semakin menambah kesan kering di Desa yang berbatasan... Baca selengkapnya »