Butuh Bantuan? Customer Service Kembar Batik siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Tips Membatik Menggunakan Canting

Tips Membatik Menggunakan Canting

Ditulis pada: 7 March 2019 | Kategori: Uncategorized

Tips Membatik Menggunakan Canting

Membatik merupakan kegiatan yang susah-susah gampang. Membuat batik dengan teknik tulis membutuhkan ketelitian, dan kesabaran yang tinggi. Peralatan batik tradisional ini merupakan bagian dari batik tradisional itu sendiri karena bila dilakukan perubahan dengan menggunakan alat/mesin yang lebih modern maka akan merubah nama batik tradisonal menjadi kain motif batik. Hal ini menunjukkan bahwa cara membatik ini memiliki sifat yang khusus dengan hasil seni batik tradisional. Bila dilihat dari segi waktu dan jumlah yang dihasilkan yang sangat terbatas serta hasil seni dari coretan canting pada kain mori akan menghasilkan seni batik yang bernilai tinggi dan harga yang relatif mahal. Adapun Tips Membatik Menggunakan Canting adalah sebagai berikut:

1. Dengan canting itu pengobeng menciduk malam mendidih dalam wajan kemudian dibatikkan diatas mori. Sebelum dibatikkan canting ditiup lebih dahulu cara meniuppun dengan aturan tertentu, agar malam dalam nyamplungan tidak tumpah pada bibir pengobeng.

2. Untuk mengembalikan cairan malam dalam cucuk kedalam nyamplungan, supaya tidak menetes sebelum ujung canting ditempelkan pada mori.

3. Untuk menghilangkan cairan malam yang membasahi cucuk canting, karena cucuk canting yang berlumuran cairan malam akan mengurangi baiknya goresan, terutama ketika permulaan canting diproseskan pada mori.

4. Untuk mengontrol cucuk canting dari kemungkinan tersumbat oleh kotoran malam. Kalau tersumbat, maka cairan dalam nyamplungan tidak bersuara, karena udara tidak dapat masuk. Maka lubang ujung cucuk ditusuk memakai ijuk, atau serabut kelapa sampai masuk sepanjang cucuk. Biasanya sesudah ditusuk ditiup kembali, atau langsung dibatikkan pada mori. Keitimewaan menusuk ialah memakai tangan kiri dengan cara tertentu dalam waktu yang cepat.

5. Canting yang beres keadaannya baru digoreskan pada mori. Tangan kiri terletak disebalik mori. Sebagai landasan (penguak) mori yang baru digores dengan canting. Jika cari cairan malam dalam nyamplungan habis, atau kurang lancar mungkin karena pendinginan, malam itu dikembalikan kedalam wajan; canting dicidukkan pada cairan malam dalam wajan itu juga. Pengembalian cairan malam yang sudah dingin tadi tidak besar pengaruhnya terhadap malam dalam wajan. Hal itu dilakukan smpai selesai, dan termasuk nemboki

Tips Membatik Menggunakan Canting

Nah, Itulah sedikit Tips Membatik Menggunakan Canting dari www.kembarbatik.com. Semoga tips diatas dapat menambah wawasan kita semua tentang pembuatan kain tradisional. Semoga bermnafaat.

Untuk pemesanan produk batik kami, silakan:
SMS/WA 0858-7777-8799
PIN BB d8c3fa44
Dibuka kesempatan menjadi RESELLER dengan harga SUPER MURAH

Tips Membatik Menggunakan Canting | Kembar Batik | dress batik bayi, kemeja batik bayi, piyama batik bayi balita, daster batik, mukena batik,dress batik bayi murah, kemeja batik bayi murah, piyama batik bayi balita, daster batik murah, mukena batik murah

Tags: Tips Membatik Menggunakan Canting

Komentar dinonaktifkan: Tips Membatik Menggunakan Canting

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Rute Menuju Desa Wisata Batik Jogja

thumbnail Ditulis pada: 25 May 2019

Rute Menuju Desa Wisata Batik Jogja Batik tulis merupakan busana resmi Kerajaan Mataram sejak pertama berdiri. Di Yogyakarta sendiri ada suatu kampung yang menjadi referensi untuk mendapatkan batik tulis khas keraton, yaitu Desa Giriloyo. Desa Giriloyo berada di kawasan Makam... Baca selengkapnya »

Jenis Kain Batik Indonesia yang Diminati Dunia

thumbnail Ditulis pada: 11 May 2019

Jenis Kain Batik Indonesia yang Diminati Dunia Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia telah di tetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan Bentuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak tanggal 2 Oktober... Baca selengkapnya »

Ekspor Batik Tulis Khas Jogja

thumbnail Ditulis pada: 8 May 2019

Ekspor Batik Tulis Khas Jogja Batik tulis produksi para perajin khasDaerah Istimewa Yogyakarta, mampu menembus pasar mancanegara. Beberapa negara yang menjadi pasar batik tulis karya pembatik khas Jogja itu di antaranya Singapura, Filipina, Malaysia, dan Thailand, baik itu dikirim langsung... Baca selengkapnya »

Ekspor Batik Cap Khas Solo

thumbnail Ditulis pada: 4 May 2019

Ekspor Batik Cap Khas Solo Amerika Serikat dan Kanada masih menjadi negara tujuan ekspor terbesar batik cap khas Solo.Batik cap tetap merupakan batik karena menggunakan teknik membatik, yakni menggunakan malam dan sistem pelorotan.  Namun, pasar ekspor batik diyakini masih besar... Baca selengkapnya »

Ekspor Batik Warna Alam Khas Klaten

thumbnail Ditulis pada: 1 May 2019

Ekspor Batik Warna Alam Khas Klaten Kering dan tandus, itulah kesan pertama memijakkan kaki di Desa Jarum, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten.Tanah retak-retak menghiasi di setiap perjalanan menuju desa tersebut. Debu yang berterbangan, semakin menambah kesan kering di Desa yang berbatasan... Baca selengkapnya »