Butuh Bantuan? Customer Service Kembar Batik siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Perbedaan Motif Batik Jogja dan Solo

Perbedaan Motif Batik Jogja dan Solo

Ditulis pada: 21 August 2017 | Kategori:

Perbedaan Motif Batik Jogja dan Solo

Meskipun Jogja Solo itu bertetangga tapi secara budaya ternyata mereka memiliki ciri khas yang tidak bisa disamakan. Misal perihal kain batiknya

Motif batik Solo memiliki ciri khas geometris pada batiknya. Contohnya Sidomukti, Sidoluruh, dan Sidoasih. Selain motif geometris, ciri khas batik Solo adalah ukuran motifnya yang kecil, atau istilahnya Truntum.
Ada kisah tentang batik Solo, dilansir dari klasika-Kompas, dahulu kala ada seorang ratu yang sedang bersedih karena tidak diperhatikan sang Raja. Ratu yang sedih itupun akhirnya menciptakan batik dengan motif bintang-bintang yang ukurannya kecil-kecil. Motif batik buah karya sang Ratu itupun mencuri perhatian sang raja, sehingga akhirnya Raja memerhatikan Ratu. Dan Raja pun memerhatikan cara Ratu membuat motif kemudian mengembangkan seni batik tersebut.

Sedangkan yang ini adalah contoh motif batik Jogja. Ada dua macam latar atau warna dasar kain. Putih dan Hitam. Sementara warna batik bisa putih (warna kain mori) , biru tua kehitaman dan coklat soga. Sered atau pinggiran kain, putih, diusahakan tidak sampai pecah sehingga kemasukan soga, baik kain berlatar hitam maupun putih. Ragam hiasnya pertama Geometris : garis miring lerek atau lereng , garis silang atau ceplok dan kawung , serta anyaman dan limaran.Ragam hias yang bersifat kedua non-geometris semen , lung- lungan dan boketan.Ragam hias yang bersifat simbolis erat hubungannya dengan falsafah Hindu – Jawa ( Ny.Nian S Jumena ) antara lain : Sawat Melambangkan mahkota atau penguasa tinggi , Meru melambangkan gunung atau tanah ( bumi ) , Naga melambangkan air , Burung melambangkan angin atau dunia atas , Lidah api melambangkan nyala atau geni.

Untuk lebih jelasnya, uraian di atas bisa dirangkup dalam penjelasan berikut

Desain

Bila dilihat dengan kasat mata, desain kedua batik ini memang sedikit mirip. Namun bila dilihat lebih detail lagi motif batik Yogyakarta cenderung lebih besar dan tegas yang menciptakan kesan gagah atau maskulin. Sedangkan pada motif batik Solo ukuran motif cenderung lebih kecil, memiliki desain luwes, dan menimbulkan kesan kalem dan anggun.

Warna

Ada satu cara yang paling mudah dalam membedakan antara batik Solo dan batik Yogyakarta. Caranya adalah dengan melihat warna dasar pada batiknya. Batik Yogyakarta memiliki warna latar putih, sedangkan warna latar batik Solo berwarna dominan cokelat keemasan atau lebih bernuansa gelap. Meskipun batik Yogyakarta menampilkan warna gelap, warna yang akan muncul pada batik agak kebiruan, sedangkan warna gelap pada batik Solo cenderung hitam kecokelatan.

Prada atau Hiasan Emas

Pada zaman kerajan Mataram, beberapa batik untuk acara tertentu dilapisi dengan hiasan emas. Hingga kini pun pengrajin batik Yogyakarta dan batik Solo masih membubuhkan hiasan emas untuk beberapa batik. Pada batik Yogyakarta, hampir seluruh motif batik dilapisi hiasan emas. Untuk batik Solo garis luar (outline) corak dan sebagian ornamen isinya dibubuhi hiasan emas.

Motif  Parang

Salah satu perbedaan yang cukup terlihat jelas adalah pada . Pada motif batik parang Yogyakarta, jalur miring motif dari kanan atas ke kiri bawah. Sedangkan pada motif batik parang  Solo jalur dari kiri atas ke kanan bawah.

 kemeja batik bayi anak balita uk 0-3th kembang setaman maroon Rp 30.000 lebar dada 29cm panjang ke bawah 38cm cocok untuk ke kondangan, acara formal, dll

Perbedaan Motif Batik Jogja dan Solo

Perbedaan mencolok dari kedua jenis motif batik da ri dua kota tersebut sebenarnya tak terlepas dari sejarah masa dulu. Karena budaya terbentuk karena cerita masa lalu. Mungkin sebagai pengingat dan tempat abadi melukiskan semua kisah. Yuk hargai segala budaya serta warisan negeri seperti batik dengan cara mengenakannya. Batik daerah pun memiliki ciri khas tersendiri. Untuk itu menghargai batik negeri dengan cara mengenali dan membuatnya menjadi ageman bisa menjadi salah satu bukti. Ulasan mengenai perbedaan motif batik Jogja dan Solo dari www.kembarbatik.com ini memang tidak cukup satu halaman. Tapi untuk masalah ageman bisa loh dengan memesan batik motif solo jogja di www.kembarbatik.com Cara termudah dan tempat termurah belanja kain batik negeri.

Untuk pemesanan produk batik kami, silakan:
SMS/WA 0858-7777-8799
PIN BB d8c3fa44
Dibuka kesempatan menjadi RESELLER dengan harga SUPER MURAH

Perbedaan Motif Batik Jogja dan Solo | Kembar Batik | dress batik bayi, kemeja batik bayi, piyama batik bayi balita, daster batik, mukena batik,dress batik bayi murah, kemeja batik bayi murah, piyama batik bayi balita, daster batik murah, mukena batik murah

Tags: Perbedaan Motif Batik Jogja dan Solo

Komentar dinonaktifkan: Perbedaan Motif Batik Jogja dan Solo

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Tips Mencuci Piyama Batik

babydoll piyama batik dewasa celana panjang lengan panjang CPLP Jumbo sayap ungu Ditulis pada: 22 January 2018

Tips Mencuci Piyama Batik Batik dikalangan saat ini memang sedang tren. Piyama batik memang banyak digunakan untuk menghadiri acara seperti acara keluarga atau acara yang khusus lainnya. Namun, banyak orang yang tidak mengetahui cara merawat pakaian batik agar warnanya tetap... Baca selengkapnya »

Tips Memilih Kulot Batik

babydoll piyama batik dewasa celana panjang lengan panjang CPLP Jumbo sayap merah cokelat Ditulis pada: 19 January 2018

Tips Memilih Kulot Batik Kulot batik mulai tren kembali dalam 2-3 tahun belakangan. Kulot kini dikreasikan dengan plisket, model, dan materi bahan. Tak hanya untuk santai bersama keluarga dan teman, kulot juga dipakai untuk acara non formal atau formal seperti... Baca selengkapnya »

Tips Membeli Daster Kencana Ungu

daster payung bunga ungu cantik adem 38 Ditulis pada: 16 January 2018

Tips Membeli Daster Kencana Ungu Banyak yang lebih memilih membeli batik kencana ungu dibanding batik-batik lainnya. Karena batik kencana ungu memiliki ciri dengan corak yang berwarna-warni yang ada pada batik kencana ungu. Namun tergantung dari selera dalam memilih daster kencana... Baca selengkapnya »

Tips Cantik di Rumah Meski Hanya Berdaster Batik

longdress cantik daster panjang motif bunga sepatu tosca 41 lingkar dada 118cm,panjang lengan 54cm,panjang baju 124cm,ada kancing di dada bisa untuk ibu menyusui,bahan adem lembut nyaman cantik untuk harian Ditulis pada: 13 January 2018

Tips Cantik di Rumah Meski Hanya Berdaster Batik Daster, siapa yang tidak kenal dengan salah satu baju kebesaran ibu-ibu satu ini, yaa daster adalah pakaian longgar perempuan yang berbahan katun nyaman dan bercorak batik. Sudah banyak perempuan khususnya ibu-ibu sangat... Baca selengkapnya »

Tips Membeli Baju Batik untuk Wanita Gemuk

babydoll piyama batik CPLP JUMBO celana panjang lengan panjang motif liong merah Ditulis pada: 9 January 2018

Tips Membeli Baju Batik untuk Wanita Gemuk Model trend baju dari tahun ketahun akan mengalami perkembangan model semua itu akan terus mengikuti perkembangan model. Penyesuaian bajupun harus di sesuaikan dengan tubuh si pemakainya, mau tubuh gemuk maupun kecil. Penyesuaian ukuran... Baca selengkapnya »