Butuh Bantuan? Customer Service Kembar Batik siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Keunggulan Batik Semarang

Keunggulan Batik Semarang

Ditulis pada: 7 September 2018 | Kategori: Uncategorized

Keunggulan Batik Semarang

Kota Semarang dikenal dengan sebutan kota atlas, yaitu sebagai pusat kota dan ibukota Jawa Tengah. Tak banyak yang tau, jika di kota ini juga menghasilkan kerajinan batik. Batik Semarang biasa disebut dengan Batik Semarangan. Batik di Semarang tidak berbeda secara signifikan dari pola batik di kota-kota pesisir lainnya di pantai utara Jawa. Oleh karena itu, kain batik dibuat tanpa motif standar, maka berbeda dengan pengrajin di Surakarta dan Yogyakarta. Kain batik yang diproduksi oleh pengrajin dengan maksud untuk memakainya sendiri. Dengan demikian, pola batik dari Semarang didasarkan pada keinginan, imajinasi, ekspresi dan kreativitas orang yang membuat kain batik. Di Semarang, pola batik yang pernah standar atau ditunjuk oleh nama seperti yang dilakukan dengan pola batik dari Principalities.

Keunggulan Batik Semarang ini meliputi; mereka tidak terikat dengan aturan tertentu, oleh karena itu mereka diterapkan lebih bebas menggunakan dekorasi flora dan fauna dan penggunaan besar, dekorasi rinci dan warna-warna cerah. Meskipun kesamaan antara pola batik dari Semarang dan dari daerah pesisir lainnya dapat diidentifikasi, namun ada perbedaan kecil secara detail, seperti penggunaan warna. Secara umum, warna batik Semarang adalah warna oranye-merah. Warna dasar batik Demak gelap cokelat dan untuk Kudus adalah biru. Selain perbedaan penggunaan warna juga ada pengaruh Cina tampak pada pola batik dari Semarang. Untuk batik Semarang preferensi diberikan kepada fitur satwa liar seperti burung merak, kupu-kupu, ayam jantan, kuntul, burung cendrawasih, burung phoenix, dan lainnya.

Pola batik Semarang tradisional klasik biasanya termasuk burung-burung merak, kupu-kupu, ceplok (desain geometris), parang (garis diagonal), dan berbagai jenis bunga. Selain itu, pola-pola baru telah muncul untuk meningkatkan identitas Semarang seperti Lawang Sewu (tengara di Semarang), Gereja Blenduk, wewe Gombel (hantu perempuan dalam mitologi Jawa), nama desa, dan nama-nama pola kuliner wingko babat seperti (makanan ringan tradisional Jawa) dan lumpia (Jawa lumpia).

Baju tidur santai babydoll piyama batik dewasa celana panjang lengan pendek CP Blirik Maroon

Keunggulan Batik Semarang

Demikian ulasan tentang Keunggulan Batik Semarang dari www.kembarbatik.com. Unik dan berbeda dengan batik dari daerah lain bukan. Silakan jadikan Batik Semarangan menjadi salah satu koleksi anda. Semoga bermanfaat.

Untuk pemesanan produk batik kami, silakan:
SMS/WA 0858-7777-8799
PIN BB d8c3fa44
Dibuka kesempatan menjadi RESELLER dengan harga SUPER MURAH

Incoming search terms:

Keunggulan Batik Semarang | Kembar Batik | dress batik bayi, kemeja batik bayi, piyama batik bayi balita, daster batik, mukena batik,dress batik bayi murah, kemeja batik bayi murah, piyama batik bayi balita, daster batik murah, mukena batik murah

Tags: Keunggulan Batik Semarang

Komentar dinonaktifkan: Keunggulan Batik Semarang

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Kelebihan dan Kekurangan Batik Printing

Baju tidur santai babydoll piyama batik dewasa celana panjang lengan pendek CP Satelit biru Ditulis pada: 20 September 2018

Kelebihan dan Kekurangan Batik Printing Banyak yang berbeda pendapat, batik printing termasuk jenis batik atau bukan. Bagi yang mengatakan bukan batik karena tetap berpendirian bahwa dinamakan batik adalah proses pembuatan dengan perintang warna, sedangkan proses printing tidak menggunakan metode itu.... Baca selengkapnya »

Mengenal Motif Batik Mega Mendung

Baju tidur santai babydoll piyama batik dewasa celana panjang lengan pendek CP Satelit ungu Ditulis pada: 18 September 2018

Mengenal Motif Batik Mega Mendung Beberapa dari kalian mungkin sudah familiar dengan motif batik ini, Megamendung. Pola yang membentuk awan bergulung dengan warna dominan biru ini sudah sering kita lihat. Motif megamendung berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat. Motif mega... Baca selengkapnya »

Mengenal Motif Batik Parang

Baju tidur santai babydoll piyama batik dewasa celana panjang lengan pendek CP Blirik Cokelat Ditulis pada: 14 September 2018

Mengenal Motif Batik Parang Batik Parang adalah motif asal Jawa dengan motif khasnya adalah bentuk huruf S yang menyambung dan berulang-ulang. Bentuk huruf S yang berulang tersebut memiliki alur diagonal 45 derajat. Batik Parang pertama kali diciptakan oleh raja ke-3 Mataram, yaitu... Baca selengkapnya »

Mengenal Motif Batik Kawung

Baju tidur santai babydoll piyama batik dewasa celana panjang lengan pendek CP Blirik Dark Ditulis pada: 11 September 2018

Mengenal Motif Batik Kawung Batik Kawung adalah motif tua yang berasal dari tanah Jawa yang berbentuk seperti kolang-kaling disusun pada empat sudut persegi. Konon batik Kawung baru mulai berkembang pada jaman Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, yaitu tahun 1755 pada abad ke-18.... Baca selengkapnya »

Keunggulan Batik Semarang

Baju tidur santai babydoll piyama batik dewasa celana panjang lengan pendek CP Blirik Maroon Ditulis pada: 7 September 2018

Keunggulan Batik Semarang Kota Semarang dikenal dengan sebutan kota atlas, yaitu sebagai pusat kota dan ibukota Jawa Tengah. Tak banyak yang tau, jika di kota ini juga menghasilkan kerajinan batik. Batik Semarang biasa disebut dengan Batik Semarangan. Batik di Semarang... Baca selengkapnya »