Butuh Bantuan? Customer Service Kembar Batik siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Jenis Kain Batik Indonesia yang Diminati Dunia

Jenis Kain Batik Indonesia yang Diminati Dunia

Ditulis pada: 11 May 2019 | Kategori: Uncategorized

Jenis Kain Batik Indonesia yang Diminati Dunia

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia telah di tetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan Bentuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak tanggal 2 Oktober 2009. Selama ini kita mungkin mengira bahwa batik hanya berasal dari daerah Jawa saja. Namun, daerah lain seperti Sumatera, Kalimantan dan daerah lainnya di Indonesia juga memiliki berbagai motif batik yang menjadi khas masing-masing.

Nah, kali ini kami akan membahas beberapa Jenis Kain Batik Indonesia yang Diminati Dunia yang mungkin bisa menambah pengetahuan Anda tentang beberapa motif batik dari berbagai daerah di Indonesia.

1. Motif Batik Sogan – Batik motif Sogan adalah salah satu jenis batik klasik di Indonesia yang kental dengan unsur tradisional. Dominasi warna batik sogan adalah gelap seperti hitam dan coklat. Dinamakan batik sogan karena pada awal mulanya, proses pewarnaan kain batik ini menggunakan pewarna alami yang diambil dari batang kayu pohon soga (Peltophorum pterocarpum).  

2. Motif Batik Tujuh Rupa – Motif batik tujuh rupa berasal dari Pekalongan. Batik ini memiliki khas dengan nuansa yang sangat kental dengan kekayaan alam. Umumnya, batik pekalogan menampilkan bentuk motif bergambar hewan atau tumbuhan. Motif-motif pada batik tujuh rupa diambil dari berbagai campuran kebudayaan lokal dan etnis cina.

3. Motif Batik Mega Mendung – Motif batik berasal dari kota udang, Cirebon. Motif batik megamendung merupakan sebuah hasil asimilasi budaya antara penduduk asli Cirebon dengan pemahaman filsafat yang dibawa masyarakat China. Dahulu masyarakat China masuk ke Cirebon melalui pelabuhan di Cirebon, salah satu pelabuhan perdaganan yang cukup ramai.

4. Motif Batik Kawung – Merupakan batik yang berasal dari Jawa Tengah dan Solo. Motif batik kawung ini memliki pola bulatan mirip buah Kawung yaitu sejenis kelapa atau lebih dikenal dengan buah kolang-kaling. Selain itu, motif batik kawung ini juga diartikan sebagai gambar bunga teratai dengan empat lembar daun bunga yang merekah. 

5. Motif Batik Pring Sedapur – Merupakan Batik khas daerah Magetan yang berasal dari sebuah desa di lereng Gunung Lawu yang sarat dengan pohon bambu. Tepatnya di Dusun Papringan, Desa Sidomukti, Kecamatan Plaosan.

6. Motif Batik Sekar Jagad – Batik Sekar Jagad berasal dari Solo dan Jogja. Motif Sekar Jagad ini berasal dari kata “kar jagad” yang diambil dari bahasa Jawa (Kar=peta; Jagad=dunia), sehingga motif ini melambangkan keragaman di seluruh dunia. Namun, ada pula yang mengatakan bahwa Sekar Jagad berasal dari kata sekar yang berarti bunga dan jagad yang berarti dunia.

7. Motif Batik Parang – Motif batik Parang merupakan batik asli Indonesia yang sudah ada sejak zaman keraton Mataram Kartasura (Solo). Diciptakan oleh pendiri Keraton Mataram, sehingga motif ini menjadi pedoman utama dalam menentukan derajat kebangsawanan seseorang. Bahkan pada jaman dulu motif parang hanya boleh dikenakan oleh raja dan keturunannya.

Jenis Kain Batik Indonesia yang Diminati Dunia

Itulah Jenis Kain Batik Indonesia yang Diminati Dunia dari www.kembarbatik.com. Selain diatas tersebut, masih banyak lagi jenis batik di seluruh pelosok tanah air. Sebagai warisan budaya yang sangat berharga tentu kita harus bangga dan menjaga batik.

 

Untuk pemesanan produk batik kami, silakan:
SMS/WA 0858-7777-8799
PIN BB d8c3fa44
Dibuka kesempatan menjadi RESELLER dengan harga SUPER MURAH

Jenis Kain Batik Indonesia yang Diminati Dunia | Kembar Batik | dress batik bayi, kemeja batik bayi, piyama batik bayi balita, daster batik, mukena batik,dress batik bayi murah, kemeja batik bayi murah, piyama batik bayi balita, daster batik murah, mukena batik murah

Tags: Jenis Kain Batik Indonesia yang Diminati Dunia

Komentar dinonaktifkan: Jenis Kain Batik Indonesia yang Diminati Dunia

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Rute Menuju Desa Wisata Batik Babagan

thumbnail Ditulis pada: 18 June 2019

Rute Menuju Desa Wisata Batik Babagan Untuk Anda peminat batik, khususnya batik pesisir, kiranya perlu berkunjung ke beberapa desa wisata batik yang ada di Rembang. Di sini ada beberapa desa wisata yang menarik untuk ditengok karena menawarkan pengalaman melihat langsung... Baca selengkapnya »

Rute Menuju Desa Wisata Batik Lasem

thumbnail Ditulis pada: 13 June 2019

Punya rencana liburan akhir pekan? Destinasi wisata Lasem di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, bisa jadi pilihan. Lasem menawarkan banyak pilihan wisata seperti wisata kuliner, alam, dan budaya. Akomodasi bergaya China Hindia pun juga bisa dijadikan tempat menginap.Artikel ini telah tayang... Baca selengkapnya »

PEMENANG SPAMLIKE MEI 2019

baju batik murah mei 2019 Ditulis pada: 13 June 2019

PEMENANG SPAMLIKE MEI 2019 SELAMAT KEPADA mom @yahhyunnie Mendapat VOUCHER BELANJA GRATIS 20ribu!!! silakan hub admin: komen di post ig ini, or dm ya Utk mengkonfirmasi nomer hp Untuk pemesanan produk batik kami, silakan: SMS/WA 0858-7777-8799 PIN BB d8c3fa44 Dibuka... Baca selengkapnya »

Rute Menuju Desa Wisata Batik Imogiri

thumbnail Ditulis pada: 10 June 2019

Rute Menuju Desa Wisata Batik Imogiri Jika Anda liburan ke Jogja  ,terdapat obyek wisata alam, obyek wisata pantai, wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah hingga wisata budaya. Salah satu yang menjadi ciri khas Yogyakarta adalah batik. Terdapat berbagai jenis batik... Baca selengkapnya »

Rute Menuju Desa Wisata Batik Bayat

thumbnail Ditulis pada: 6 June 2019

Rute Menuju Desa Wisata Batik Bayat Apa yang terfikir ketika mendengar nama Desa Wisata Jarum Bayat? Pasti yang terbayang ialah desa penghasil jarum, tapi ternyata bukan. Desa Jarum merupakan salah satu desa di Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten Jawa Tengah yang... Baca selengkapnya »