Butuh Bantuan? Customer Service Kembar Batik siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Ciri Khas Batik Jogja

Ciri Khas Batik Jogja

Ditulis pada: 29 October 2017 | Kategori: Uncategorized

Ciri Khas Batik Jogja

 

Yogyakarta adalah kota istimewa. Adalah sebutan yang pas bila Jogja disebut kota istimewa karena begitu banyaknya budaya dan warisan yang dijaga oleh pemerintah Jogja terutama kain batik.

Siapa yang tak mengenal kain batik? Meski kain batik berasal dari berbagai daerah tapi ciri utama dari kain batik sebuah daerah tak bisa ditiru oleh daerah lain. Yogyakarta misalnya, batik khasnya tak akan pernah hilang dari kain batiknya. Lalu apa saja ciri khas batik Jogja itu. Yuk simak.

Apa sih ciri khas batik Jogja?

Untuk mengenali ciri khas batik Jogja bisa dikenali dari warnanya. Ada dua warna dasar yang digunakan latar dalam pembuatan batik Jogja yaitu putih dan hitam. Sementara untuk warna corak yang digunakan bisa putih, biru tua kehitaman dan coklat.

Untuk ragam hiasannya ada beberapa macam. Pertama berbentuk geometris. Garis geometris itu sendiri itupun mempunyai beberapa macam.

1. Berbentuk garis miring lerek atau lereng,

2. Batik garis silang atau disebut ceplok dan kawung

3. Serta anyman dan limaran

 Ragam hias yang kedua berbetun garis non geometris semen, lung-lungan dan boketan. Ada juga yang berupa hiasan yang bersifat simbolis. Beberapa simbolis ini sangat erat kaitannya dengan falsafah Hindu-Jawa antara lain.

1. Sawat melambangkan mahkota atau penguasa tertinggi.

2. Meru melambangkan gunung atau tanah

3. Naga melambangkan air

4. Burung melambangkan angin atau dunia atas, dan

5. Lidah api melambangkan nyala atau geni.

babydoll baju santai kulot JUMBO batik bunga cokelat 44 lingkar dada 120cm panjang baju 70cm panjang celana 69cm; ada kancing di dada bisa untuk ibu menyusui bahan adem lembut

 

Ciri Khas Batik Jogja

 

Kain batik memang menjadi warisan abadi untuk beberapa daerah penghasil seni batik. Tidak hanya Yogyakarta tapi juga bisa Solo dan Pekalongan. Setiap daerah pun memiliki ciri khas batik sendiri-sendiri. Yuk kenali berbagai warisan nusantara dengan baik. Mengenali berbagai ciri khas batik daerah yang memukau dan memikat mata. Semoga ulasan mengenai ciri khas batik Jogja yang ditulis oleh www.kembarbatik.com ini bermanfaat. Mencari ageman batik? Kenapa tak berkunjung ke www.kembarbatik.com saja

 

 

Untuk pemesanan produk batik kami, silakan:
SMS/WA 0858-7777-8799
PIN BB d8c3fa44
Dibuka kesempatan menjadi RESELLER dengan harga SUPER MURAH

Ciri Khas Batik Jogja | Kembar Batik | dress batik bayi, kemeja batik bayi, piyama batik bayi balita, daster batik, mukena batik,dress batik bayi murah, kemeja batik bayi murah, piyama batik bayi balita, daster batik murah, mukena batik murah

Tags:

Komentar dinonaktifkan: Ciri Khas Batik Jogja

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Beda Batik Jogja dengan Batik Solo

kain jarik srikandi motif-36 sehabis melahirkan atau babaran 43 cocok untuk ibu sehabis melahirkan,ataupun bisa untuk menggendong bayi atau anak,membedong bayi Ditulis pada: 20 July 2018

Beda Batik Jogja dengan Batik Solo Setiap batik memilliki ciri khas tersendiri. Demikian pula dengan Batik Jogja dengan Batik Solo meskipun sama-sama merupakan pusat kebudayaan Jawa. Bila ditilik dari sejarah Batik Jogja dengan Batik Solo memang sama-sama berasal dari Keraton Mataram.... Baca selengkapnya »

Beda Batik Solo dengan Batik Pekalongan

kain jarik srikandi motif-39 sehabis melahirkan atau babaran 43 cocok untuk ibu sehabis melahirkan,ataupun bisa untuk menggendong bayi atau anak,membedong bayi Ditulis pada: 17 July 2018

Beda Batik Solo dengan Batik Pekalongan Pekalongan dan Solo merupakan daerah yang terkenal sebagai sentra pengrajin batik. Hal itu membuat kedua daerah ini menjadi terkenal hingga seuruh penjuru Indonesia bahkan dunia karena saat ini perkembangan dunia kerajinan batik mulai diminati... Baca selengkapnya »

Mengintip Proses Pembuatan Kain Batik

kain jarik srikandi motif-42 sehabis melahirkan atau babaran 43 cocok untuk ibu sehabis melahirkan,ataupun bisa untuk menggendong bayi atau anak,membedong bayi Ditulis pada: 14 July 2018

Mengintip Proses Pembuatan Kain Batik Batik adalah salah satu warisan Indonesia khususnya jaawa yang harus dilestarikan. Dulu, batik selalu dibuat dengan tangan yang disebut dengan membatik. Motif-motif yang detail itu dibuat dengan penuh ketelatenan, ketelitian dan kesabaran oleh tangan-tangan handal... Baca selengkapnya »

Cara Membuat Longdress

longdress kencana ungu daster lengan panjang motif bunga lingkar cokelat cantik Ditulis pada: 11 July 2018

Cara Membuat Longdress Longdress salah satu jenis busana terusan yang memiliki panjang hingga sebatas mata kaki dan sebagian besar diciptakan tanpa lengan, meski ada juga yang dilengkapi dengan lengan pendek. Desain dan potongannya yang simple namun tetap terkesan modis menjadikan... Baca selengkapnya »

Cara Membuat Babydoll

piyama baju tidur baju santai babydoll CP shabby chic kuning ungu Ditulis pada: 7 July 2018

 Cara Membuat Babydoll Kali ini kami akan mengnalkan Cara Membuat Babydoll baju tidur manis dengan model rempel pada bagian depan serta bahu lengan  dan  bagian bawah celana  serta kantong kecil yang diberi  rempel dengan bahan yang menempel membuat anak sista... Baca selengkapnya »