Butuh Bantuan? Customer Service Kembar Batik siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Cara Membuat Batik Warna Alam

Cara Membuat Batik Warna Alam

Ditulis pada: 9 April 2019 | Kategori: Uncategorized

Cara Membuat Batik Warna Alam

Penggunaan pewarna alam pada batik sejatinya adalah kembali kepada kearifan lokal. dari segi warna yang dihasilkan, batik dengan pewarna tumbuhan ini memang tidak bisa diprediksi. Dibanding warna sintetik, warna yang dihasilkan material alam cenderung lebih kusam atau bladus .Dan berikut Cara Membuat Batik Warna Alam:

1. Pembuatan batik dengan pewarna alami diawali dengan membuat motif menggunakan pensil. Kemudian dilanjutkan dengan “nyorek” yaitu melukis motif menggunakan canting dan malam. Cara menggunakan canting termasuk mengambil malam dan meniup ujung canting diajarkan lebih dulu. Pada pembuatan batik cap proses “nyorek” diganti dengan menggunakan alat cap motif.

2. Pembasahan dengan menggunakan air yang langsung dilanjutkan dengan pewarnaan menggunakan pewarna alami. Pada tahap ini diperkenalkan beberapa pewarna alami dari tumbuhan seperti Indigo, Jalawe, kulit Manggis dan lain-lain. Ada dua tahap pewarnaan yang dilakukan dalam pembuatan batik kali ini. Pewarnaan pertama disebut “medel”. Kain dicelupkan ke dalam pewarna alami secara cepat dan kain segera berubah warna. Jika menggunakan Indigo warna dasar kain akan berubah menjadi biru. Kain yang sudah terwarnai dijemur atau dikeringanginkan dengan direntangkan.

3. Setelah kering tahapan dilanjutkan dengan “nembok”, yaitu menutup bagian-bagian tertentu pada motif untuk memberikan ruang warna baru pada pewarnaan kedua. Seperti halnya nyorek, nembok juga dilakukan dengan canting dan malam. Selama nembok pembatik memiliki kebebasan untuk menutup bagian-bagian tertentu pada motif yang diinginkan. Satu motif yang sama dapat menghasilan kain batik dengan pola warna berbeda tergantung bagian yang ditutup.

4. Selanjutkan dengan pewarnaan kedua atau yang disebut “nyoga”. Kain dicelupkan ke dalam pewarna alami yang berbeda untuk menghasilkan kombinasi dan efek warna yang baru.  Nyoga dilakukan dengan cara yang hampir sama dengan medel. Akan tetapi, prosesnya diulang hingga tiga kali untuk memperkuat warna

5. Proses terakhiri dengan mencelupkan kain ke dalam larutan tawas untuk mengunci warna. Namun, warna akhir kain batik belum terlihat sepenuhnya pada tahap penguncian. Warna akhir batik baru akan muncul setelah kain direbus atau yang disebut “nglorod”.

6. Batik yang telah direbus kemudian dibersihkan dengan mencelupkannya ke dalam air yang telah ditambah soda abu untuk menghilangkan sisa lilin yang mungkin masih menempel. Setelah dijemur dan kering, kain batik yang telah jadi itupun menjadi milik peserta.

Cara Membuat Batik Warna Alam

Nah, itulah Cara Membuat Batik Warna Alam dari www.kembarbatik.com. Mengenal lebih jauh proses pembuatan batik merupakan salah satu cara yang lebih baik untuk mencintai dan menjaga batik. Batik dengan pewarna alami adalah bukti bahwa nenek moyang kita telah mewariskan pusaka budaya yang luar biasa. Semoga bermanfaat.

 

Untuk pemesanan produk batik kami, silakan:
SMS/WA 0858-7777-8799
PIN BB d8c3fa44
Dibuka kesempatan menjadi RESELLER dengan harga SUPER MURAH

Cara Membuat Batik Warna Alam | Kembar Batik | dress batik bayi, kemeja batik bayi, piyama batik bayi balita, daster batik, mukena batik,dress batik bayi murah, kemeja batik bayi murah, piyama batik bayi balita, daster batik murah, mukena batik murah

Tags: Cara Membuat Batik Warna Alam

Komentar dinonaktifkan: Cara Membuat Batik Warna Alam

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Cara Berjualan Batik di Malaysia

Baju Santai Setelan Piyama Babydoll Batik Kulot Motif Ornamen Busui Friendly Kualitas Juara Ditulis pada: 17 April 2019

Cara Berjualan Batik di Malaysia Batik Malaysia dijual di Indonesia itu sudah biasa, namun bagaimana jika batik Indonesia dijual ke Malaysia? Kata banyak orang “ kuasai dulu pangsa pasar dalam negeri, ngapain harus menjual ke luar negeri, masih banyak yang... Baca selengkapnya »

Cara Membuat Batik Shibori

thumbnail Ditulis pada: 13 April 2019

Cara Membuat Batik Shibori Kain shibori pertama kali ada di Jepang, dan saat ini mulai trend di Indonesia. Dasar pembuatan Shibori mirip seperti membatik, di mana beberapa bagian kain ‘dilindungi’ agar tidak terkena pewarna. Sehingga hasil akhirnya memberikan pola sesuai... Baca selengkapnya »

Cara Membuat Batik Warna Alam

thumbnail Ditulis pada: 9 April 2019

Cara Membuat Batik Warna Alam Penggunaan pewarna alam pada batik sejatinya adalah kembali kepada kearifan lokal. dari segi warna yang dihasilkan, batik dengan pewarna tumbuhan ini memang tidak bisa diprediksi. Dibanding warna sintetik, warna yang dihasilkan material alam cenderung lebih... Baca selengkapnya »

Cara Membuat Batik Cap

thumbnail Ditulis pada: 6 April 2019

Cara Membuat Batik Cap Proses pembuatan batik cap tidak seperti proses pembuatan batik tulis dalam proses pembuatannya menggunakan canting, pada proses pembuatan batik cap alat yang digunakan yaitu cap berupa stempel besar yang terbuat dari tembaga yang sudah didesain dengan... Baca selengkapnya »

Tips Menyetrika Piyama Batik

Baju Santai Setelan Piyama Babydoll Batik CP Jumbo Motif Bulu Merak Busui Friendly Kualitas Juara (4) Ditulis pada: 2 April 2019

Tips Menyetrika Piyama Batik Menyetrika piyama batik haruslah disesuaikan dengan bahan baju batiknya sendiri karena kualitas pakaian batik tak hanya ditentukan oleh motif batiknya saja tapi juga bahan batiknya sendiri. Walaupun memang kebanyakan orang lebih sering mengenakan batik hanya pada... Baca selengkapnya »