Butuh Bantuan? Customer Service Kembar Batik siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » Uncategorized » Cara Membuat Batik Cap

Cara Membuat Batik Cap

Ditulis pada: 6 April 2019 | Kategori: Uncategorized

Cara Membuat Batik Cap

Proses pembuatan batik cap tidak seperti proses pembuatan batik tulis dalam proses pembuatannya menggunakan canting, pada proses pembuatan batik cap alat yang digunakan yaitu cap berupa stempel besar yang terbuat dari tembaga yang sudah didesain dengan motif tertentu dengan dimensi 20 cm x 20 cm.

Berikut adalah Cara Membuat Batik Cap:

Kain mori diletakkan di atas meja dengan alas dibawahnya menggunakan bahan yang empuk.

Malam direbus hingga suhu 60 – 70 derajat Celsius.

Cap dicelupkan ke malam yang telah mencair tadi tetapi hanya 2cm saja dari bagian bawah cap.

Kemudian kain mori di cap dengan tekanan yang cukup supaya rapih. Pada proses ini, cairan malam akan meresap ke dalam pori-pori kain mori.

Selanjutnya adalah proses pewarnaan dengan cara mencelupkan kain mori yang sudah di cap tadi ke dalam tangki yang berisi cairan pewarna.

Kain mori direbus supaya cairan malam yang menempel hilang dari kain.

Proses pengecapan>pewarnaan>penggodogan diulangi kembali jika ingin diberikan kombinasi beberapa warna.

Setelah itu, proses pembersihan dan pencerahan warna dengan menggunakan soda.

Penjemuran kemudian disetrika supaya rapih.

Cara Membuat Batik Cap

Demikianlah Cara Membuat Batik Cap dari www.kembarbatik.com. Proses pembuatan batik cap ini lebih cepat dibandingkan dengan proses pembuatan batik tulis karena pembuatan motifnya dengan menggunakan cap (stempel) yang lebar. Bandingkan dengan batik tulis yang menggunakan guratan-guratan canting. SEmoga ulasan diatas bermanfaat.

Untuk pemesanan produk batik kami, silakan:
SMS/WA 0858-7777-8799
PIN BB d8c3fa44
Dibuka kesempatan menjadi RESELLER dengan harga SUPER MURAH

Cara Membuat Batik Cap | Kembar Batik | dress batik bayi, kemeja batik bayi, piyama batik bayi balita, daster batik, mukena batik,dress batik bayi murah, kemeja batik bayi murah, piyama batik bayi balita, daster batik murah, mukena batik murah

Tags: Cara Membuat Batik Cap

Komentar dinonaktifkan: Cara Membuat Batik Cap

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Cara Berjualan Batik di Malaysia

Baju Santai Setelan Piyama Babydoll Batik Kulot Motif Ornamen Busui Friendly Kualitas Juara Ditulis pada: 17 April 2019

Cara Berjualan Batik di Malaysia Batik Malaysia dijual di Indonesia itu sudah biasa, namun bagaimana jika batik Indonesia dijual ke Malaysia? Kata banyak orang “ kuasai dulu pangsa pasar dalam negeri, ngapain harus menjual ke luar negeri, masih banyak yang... Baca selengkapnya »

Cara Membuat Batik Shibori

thumbnail Ditulis pada: 13 April 2019

Cara Membuat Batik Shibori Kain shibori pertama kali ada di Jepang, dan saat ini mulai trend di Indonesia. Dasar pembuatan Shibori mirip seperti membatik, di mana beberapa bagian kain ‘dilindungi’ agar tidak terkena pewarna. Sehingga hasil akhirnya memberikan pola sesuai... Baca selengkapnya »

Cara Membuat Batik Warna Alam

thumbnail Ditulis pada: 9 April 2019

Cara Membuat Batik Warna Alam Penggunaan pewarna alam pada batik sejatinya adalah kembali kepada kearifan lokal. dari segi warna yang dihasilkan, batik dengan pewarna tumbuhan ini memang tidak bisa diprediksi. Dibanding warna sintetik, warna yang dihasilkan material alam cenderung lebih... Baca selengkapnya »

Cara Membuat Batik Cap

thumbnail Ditulis pada: 6 April 2019

Cara Membuat Batik Cap Proses pembuatan batik cap tidak seperti proses pembuatan batik tulis dalam proses pembuatannya menggunakan canting, pada proses pembuatan batik cap alat yang digunakan yaitu cap berupa stempel besar yang terbuat dari tembaga yang sudah didesain dengan... Baca selengkapnya »

Tips Menyetrika Piyama Batik

Baju Santai Setelan Piyama Babydoll Batik CP Jumbo Motif Bulu Merak Busui Friendly Kualitas Juara (4) Ditulis pada: 2 April 2019

Tips Menyetrika Piyama Batik Menyetrika piyama batik haruslah disesuaikan dengan bahan baju batiknya sendiri karena kualitas pakaian batik tak hanya ditentukan oleh motif batiknya saja tapi juga bahan batiknya sendiri. Walaupun memang kebanyakan orang lebih sering mengenakan batik hanya pada... Baca selengkapnya »